Pemprov Papua Barat Raih Penghargaan Universal Health Coverage 2023

Selasa, 14 Maret 2023 – 21:07 WIB
Pemprov Papua Barat Raih Penghargaan Universal Health Coverage 2023 - JPNN.com Papua
Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw menerima penghargaan Universal Health Coverage 2023 dari World Health Organization (WHO) yang diberikan oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Foto: Diskominfo Papua Barat

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemprov Papua Barat mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage 2023 dari World Health Organization (WHO) di Jakarta pada Selasa (14/3).

Universal Health Coverage adalah penghargaan atas keberhasilan suatu daerah (maupun negara) dalam menerapkan sistem pelayanan kesehatan kepada seluruh penduduknya.

Penghargaan Universal Health Coverage 2023 diberikan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin kepada Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw.

Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw mengatakan penghargaan ini diberikan berdasarkan 16 jenis layanan kesehatan dasar, dalam empat kategori yang dicanangkan World Health Organization (WHO). Yaitu Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Penyakit Menular, Penyakit Tidak Menular, Kapasitas dan Akses.

"Kami memiliki concern dan komitmen yang kuat agar masyarakat mudah mendapatkan hak mereka atas pelayanan kesehatan," kata Gubernur Waterpauw.

Seperti diketahui, kesehatan adalah hak asasi manusia sekaligus sebagai investasi. Hal inilah yang melandasi Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Salah satunya melalui pemutakhiran pelayanan BPJS.

"Jika biasanya ada dua fase pelayanan BPJS, yaitu fase administrasi dan satu minggu kemudian- baru mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, maka di Provinsi Papua Barat proses itu bisa dilaksanakan secara sekaligus, mendaftar hari ini dan bisa langsung berobat," kata Gubernur Waterpauw.

Bukan hanya dari sisi administrasi, Gubernur Waterpauw menambahkan Pemerintah Provinsi Papua Barat selalu mengawal dan meningkatkan fasilitas penunjang kesehatan baik bangunan fisik, alat kesehatan, jumlah dan kualitas dokter, termasuk aksesibilitas penunjang kesehatan lainnya.

Penuhi Hak Masyarakat Atas Pelayanan Kesehatan, Papua Barat Raih Universal Health Coverage 2023.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia