Gandeng PMI, Pemkab Jayapura Luncurkan Gerakan Menanam Jagung

Senin, 13 Maret 2023 – 19:57 WIB
Gandeng PMI, Pemkab Jayapura Luncurkan Gerakan Menanam Jagung - JPNN.com Papua
Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo (berkaus putih di atas traktor) didampingi Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabuapten Jayapura David Zakaria saat membajak ladang sebagai tanda peluncuran gerakan menanam jagung varietas unggul di Kampung Hamonggrang. Foto: ANTARA/HO-Dokumen Humas Pemkab Jayapura

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemkab Jayapura, Papua meluncurkan gerakan penanaman jagung sekaligus pengembangan lahan sawah menjadi lahan jagung varietas unggul di Kampung Hamonggrang, Distrik Nimbokrang.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo dalam mengatakan dalam peluncuran gerakan menanam jagung di lahan seluas tiga hektare itu pihaknya bekerja sama dengan Papua Muda Inspiratif (PMI).

Menurut Triwarno, untuk pembesaran pihaknya telah menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan yang akan membeli hasil jagung milik para petani.

"Dengan begitu para petani tidak berpikir untuk menanam dan dijual ke mana tetapi sudah ada yang membeli jagung," kata Triwarno seperti dilansir Antara, Senin (13/3).

Dia menjelaskan peluncuran gerakan penanaman dan pengembangan lahan sawah menjadi lahan jagung varietas unggul itu bertujuan meningkatkan produksi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura David Zakaria mengatakan hamparan sawah dan ladang di Kampung Hamonggrang itu tidak berproduksi satu tahun karena masalah pengairan yang mengakibatkan hambatan di pintu air.

"Lahan tersebut segera  ditanami dengan jagung varietas baru yang unggul sambil menunggu penyelesaian perbaikan di pintu air dan irigasi sekunder yang ada," katanya.

Menurut Zakaria, pihaknya telah mendapat laporan bahwa pintu air tidak ada masalah hanya tinggal sedimentasi yang belum selesai pengerukannya.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan peluncuran gerakan menanam jagung di lahan seluas tiga hektare itu pihaknya bekerja sama dengan PMI.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News