Sikapi Insiden Pembakaran Pesawat Susi Air di Nduga Papua, Kemenhub Lakukan Ini  

Kamis, 23 Februari 2023 – 18:25 WIB
Sikapi Insiden Pembakaran Pesawat Susi Air di Nduga Papua, Kemenhub Lakukan Ini   - JPNN.com Papua
Direktur Angkutan Udara Kemenhub Putu Eka Cahyadi (kiri) saat bincang media di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (23/2). Foto: ANTARA/Kuntum Riswan

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan meningkatkan kolaborasi dengan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk menjaga keamanan di bandara angkutan perintis agar insiden pembakaran pesawat Susi Air di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua, tidak terulang.

“Masalah keamanan salah satu bagian penting dari pelayanan keperintisan. Salah satu aspek yang kami kolaborasikan dengan seluruh stakeholder adalah keamanan,” kata Direktur Angkutan Udara Kemenhub Putu Eka Cahyadi saat bincang media di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (23/2).

Putu mengakui masalah keamanan di kawasan pesawat perintis yang notabene berada di daerah tertinggal, terluar, terdepan, dan perbatasan (3TP) menjadi salah satu tantangan di tengah upaya Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub mewujudkan konektivitas bagi masyarakat.

Namun, dia menegaskan pihaknya selalu berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk memitigasi rencana keamanan.

“Sekali lagi keamanan ini aspeknya menyeluruh. Tidak hanya bicara di bandara, tetapi di sekitarnya. Jadi, mungkin ada akses ke bandara yang perlu kami kelola,” ucapnya.

Putu menegaskan angkutan udara perintis hadir untuk menghubungkan daerah terpencil dan daerah tertinggal yang mempunyai aksesibilitas sulit dengan waktu tempat lama atau lebih dari 8 jam dengan ketersediaan modal transportasi yang terbatas dan jadwal yang tidak berkesinambungan.

Angkutan udara perintis mempunyai tujuan untuk mendukung pemerataan pembangunan dan mendukung penurunan disparitas harga.

Pemerintah daerah pun diharapkan mampu memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait kegiatan penerbangan perintis penumpang dan kargo.

Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub melakukan ini untuk mencegah insiden terulangnya pembakaran pesawat Susi Air di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia