Pemkab Jayapura Kembangkan Zona Minapolitan, Keren

Rabu, 08 Februari 2023 – 10:52 WIB
Pemkab Jayapura Kembangkan Zona Minapolitan, Keren - JPNN.com Papua
Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi. Foto: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, SENTANI - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Jayapura, Provinsi Papua dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tiga tahun ke depan akan mengembangkan zona minapolitan sebagai program strategis pembangunan berbasis kawasan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi mengatakan terkait itu pihaknya telah meminta Dinas Pekerjaan Umun setempat untuk melakukan penataan ruang guna mewujudkan zona minapolitan.

"Dari sisi zona ruang juga kami mendorong Dinas PU agar menjadikan Pelabuhan Peti Kemas Depapre menjadi zona minapolitan dan juga wisata," kata Hana di Sentani, Selasa (7/2).

Menurut Hana, kemudian pihaknya juga mendorong agar wilayah pembangunan III yang meliputi Distrik Kemtuk Gresi, Namblong, Nimboran, Nimbokrang yang kini sudah menjadi kawasan agropolitan agar segera memperjelas ruang dalam sistem pemukiman dan agrobisnis.

Selain itu kata dia, pihaknya juga telah mendorong Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura agar menanam tanaman endemik Papua seperti gayang agar menjadi sabuk hijau.

"Tujuannya ialah bagaimana kami mengembalikan revitalisasi alam di pinggiran Danau Sentani," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap agar Dinas DKP juga bisa melakukan budidaya ikan lokal yang hampir punah seperti ikan lohan melalui "Bhukere" atau sarang ikan buatan secara tradisional.

"Ini harus dilakukan dan memperbanyak budidaya ikan lokal terutama ikan lohan jangan sampai punah," katanya lagi.

Pemkab Jayapura dalam RPD tiga tahun ke depan akan mengembangkan zona minapolitan sebagai program strategis pembangunan berbasis kawasan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia