Begini Imbauan Kadis Pertanian Papua Kepada Pelaku Usaha, Simak

Senin, 16 Januari 2023 – 05:20 WIB
Begini Imbauan Kadis Pertanian Papua Kepada Pelaku Usaha, Simak - JPNN.com Papua
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Samuel Siriwa. Foto: ANTARA/ Qadri Pratiwi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua mengimbau kepada para pelaku usaha guna memanfaatkan padang penggembalaan agar biaya produksi berpotensi lebih terjangkau sehingga harga jual yang diberikan ke masyarakat bisa lebih murah.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Samuel Siriwa mengatakan memang pascalarangan masuknya daging sapi impor, harga daging sapi lokal mengalami kenaikan dari yang biasanya Rp 120 ribu per kilo kini naik menjadi Rp 160 ribu.

"Di Papua ada beberapa jenis hewan ternak yang dirawat, pertama dikandangkan, lalu kedua semi atau dilepas kemudian diberikan pakan terbatas dan terakhir di ladang penggembalaan," kata Samuel Siriwa di Jayapura, Minggu (15/1).

Menurut Samuel, paling banyak para petani itu melakukan perawatan pada hewan sapi melalui kandang padahal jika dilakukan dengan ladang penggembalaan maka harga produksi akan lebih murah.

"Seperti di Kabupaten Merauke, Papua Selatan di mana harga daging sapi tergolong murah dibandingkan kabupaten lainnya hal ini cara perawatan menggunakan padang penggembalaan," ujarnya.

Dia menjelaskan hampir semua daging sapi yang masuk di Papua dipelihara dengan cara padang penggembalaan sehingga biaya produksi kecil, sehingga harga yang masuk jadi lebih murah dibandingkan dengan lokal.

"Ke depan kami akan lakukan pembicaraan dan sosialisasi kepada para pelaku usaha hewan ternak sapi tersebut agar harga daging di Papua menjadi murah," kata Samuel.

Dia menambahkan Papua dengan delapan kabupaten dan satu kota ini memiliki banyak potensi lahan menjadi padang penggembalaan seperti, Sarmi, Keerom, Biak, Kota dan Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Samuel Siriwa mengimbau para pelaku usaha untuk melakukan ini. Simak selengkapnya.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia