Perihal Penyelesaian Konflik di Maybrat Papua Barat, Komnas HAM Dukung Komitmen Panglima TNI dan Kapolri

Kamis, 12 Januari 2023 – 19:20 WIB
Perihal Penyelesaian Konflik di Maybrat Papua Barat, Komnas HAM Dukung Komitmen Panglima TNI dan Kapolri - JPNN.com Papua
Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Foto: ANTARA/Muhammad Zulfikar

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI mendukung komitmen Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terkait penyelesaian konflik di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat.

"Komnas HAM mendukung komitmen Panglima TNI dan Kapolri dalam upaya penyelesaian konflik di wilayah Papua,” kata Ketua Komnas HAM RI Atnike Nova Sigiro di Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Komnas HAM, kata Atnike, juga mendukung langkah-langkah koordinasi semua pihak yang telah dilakukan agar penanganan pengungsi yang terdampak konflik dapat terlaksana secara komprehensif, terutama memberikan perhatian kepada kelompok rentan yakni anak-anak, kelompok lanjut usia, perempuan dan difabel.

Pemerintah pusat maupun daerah termasuk TNI dan Polri harus memastikan pemulangan para pengungsi secara sukarela kembali ke wilayahnya dengan memberikan jaminan atas rasa aman hingga memastikan pemenuhan hak-hak dasar.

"Komnas HAM meminta seluruh pihak menghentikan segala bentuk tindakan kekerasan agar upaya pemulangan pengungsi ke wilayahnya dapat berjalan lancar," ucap Atnike Sigiro.

Lembaga HAM tersebut meminta Polri dan TNI mengambil langkah yang diperlukan dalam penanganan situasi keamanan di Kabupaten Maybrat dengan tetap mengedepankan norma dan prinsip HAM.

Tidak hanya itu, Komnas HAM juga mendesak kelompok-kelompok bersenjata dan aparat negara untuk tidak melakukan kekerasan terhadap penduduk sipil, dan mendorong dialog damai guna menghentikan kekerasan.

Terakhir, pihak-pihak yang melakukan tindakan kekerasan terhadap masyarakat sipil harus ditindak tegas secara hukum.

Komnas HAM mendukung komitmen Panglima TNI dan Kapolri terkait penyelesaian konflik di Kabupaten Maybrat, Papua Barat.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia