Gempa Mengguncang Jayapura, Sejumlah Bangunan Rusak, Lihat

Senin, 02 Januari 2023 – 10:58 WIB
Gempa Mengguncang Jayapura, Sejumlah Bangunan Rusak, Lihat - JPNN.com Papua
Gempa dengan magnitudo 4,9 yang terjadi pada Senin dini hari (2/1/2023) antara lain menyebabkan kerusakan pada bagian dinding bangunan Rumah Sakit Provita Jayapura. Foto: ANTARA/HO/Dok BPBD Papua

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Gempa bumi dengan magnitude 4,9 yang menguncang Kota Jayapura Provinsi Papua, Senin (2/1/2023) dini hari menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Manajer Pusat Komando dan Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Jonathan Koirewoa mengatakan gempa dilaporkan menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan hotel dan rumah sakit.

Bangunan yang dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa, menurut dia, antara lain Hotel Horizon Kota Jayapura (ubin lantainya rusak).

Selain itu, Rumah Sakit Provita Jayapura (bagian dindingnya rusak), Mal Jayapura (bagian dindingnya retak), dan Hotel Sunny Abepura (bagian dinding dan kacanya retak).

Jonathan mengatakan sampai saat ini tidak ada warga yang dilaporkan terluka atau meninggal dunia akibat gempa.

BPBD Provinsi Papua, menurut Jonathan, masih menunggu laporan lanjutan dari BPBD Kota dan Kabupaten Jayapura mengenai dampak gempa bumi.

Petugas Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V Jayapura Jambari mengatakan gempa yang terjadi pada Senin dini hari semula dilaporkan bermagnitudo 5,6 tetapi kemudian diperbarui menjadi 4,9.

Menurut dia, gempa yang pusatnya berada di koordinat 2,58 Lintang Selatan dan 140,67 Bujur Timur, sekira 13 km timur laut Kota Jayapura, pada kedalaman sekitar 10 km itu dirasakan pada skala IV MMI di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Gempa bumi dengan magnitude 4,9 yang menguncang Kota Jayapura Papua, Senin (2/1/2023) dini hari menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News