Robert Ungkap Jumlah Guru Honorer di Kota Jayapura, Ternyata

Minggu, 04 Desember 2022 – 06:55 WIB
Robert Ungkap Jumlah Guru Honorer di Kota Jayapura, Ternyata - JPNN.com Papua
Guru honorer. Ilustrasi. Foto: dok. JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Jayapura Robert J Betaubun mengakui saat ini sekitar 30 persen hingga 40 persen guru merupakan honorer.

“Memang benar dari sekitar 2.000 guru yang ada di Kota Jayapura tercatat sekitar 30-40 persen adalah honorer. Bahkan ada beberapa sekolah yang jumlah guru honorernya lebih banyak daripada guru yang sudah diangkat atau ASN,” kata Betaubun di Jayapura, Papua, Sabtu (3/12).

Menurut Robert, banyaknya guru honorer disebabkan sekolah tersebut memiliki ruang belajar dan sekolah makin banyak sehingga harus menerima guru honorer.

Adapun honor untuk tenaga honorer bervariasi sekitar Rp 1 juta per bulan sehingga pihaknya bersama rekan-rekan PGRI se-Indonesia telah mengusulkan agar guru honorer diangkat sehingga kesejahteraan mereka meningkat.

“Kami pengurus PGRI se-Indonesia sudah meminta dan mengusulkan ke pemerintah agar ada penerimaan serta pengangkatan guru menjadi ASN sehingga terjadi peningkatan mutu di pendidikan," ungkap Robert.

Menurut Robert, peran guru saat ini makin penting karena kelulusan pelajar tidak lagi ditentukan dengan ujian nasional melainkan ujian sekolah.

Oleh karena itu, kata Robert, apabila gurunya tidak berkualitas maka sudah sewajarnya bila pemerintah memperhatikan kesejahteraan guru.

Apalagi para guru juga dipacu untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi masing-masing sehingga nantinya berdampak ke anak didik.

Ketua PGRI Kota Jayapura Robert J Betaubun mengungkaap jumlah guru honorer di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia