Komisi I DPR Dalami Isu Aktual Saat Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Jumat, 02 Desember 2022 – 14:49 WIB
Komisi I DPR Dalami Isu Aktual Saat Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono - JPNN.com Papua
Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Foto: Friederich Batari/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan pihaknya akan mendalami sejumlah isu aktual saat uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dilangsungkan pada Jumat (2/12/2022).

"Pasti hal-hal, isu-isu aktual, ya,” kata Dave di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta.

Dave menyebut sejumlah isu aktual yang akan didalami itu di antaranya terkait peremajaan alutsista dengan keterbatasan anggaran yang ada, penegakan hukum, hingga potensi mitigasi keamanan.

Menurut Dave, potensi mitigasi keamanan tak hanya melulu soal Laut China Selatan ataupun Papua, melainkan wilayah Selat Malaka hingga lautan Indonesia di bagian selatan juga patut dicermati.

“Laut China Selatan itu hanya satu, ada banyak lho ancaman kita. Jadi, jangan fokus Laut China Selatan, masih ada selain Papua ada di Selat Malaka, bagian selatan Indonesia itu juga butuh penjelasan dari beliau," ujarnya.

Dengan pengamanan yang mencakup wilayah luas dengan ancaman yang besar itu, kata Dave, maka komisinya akan melakukan pendalaman terkait hal tersebut kepada Laksamana Yudo.

“Apakah kita butuh kapal induk, misalnya, cukup memperbanyak fregat-fregat kita atau dengan kapal-kapal patroli. Hal itu yang bisa kita dalami,” tuturnya.

Dave pun menjelaskan pertimbangan komisinya dalam memberikan persetujuan Yudo sebagai Panglima TNI bergantung pada paparan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu saat fit and proper test dilakukan.

Komisi I DPR RI akan mendalami sejumlah isu aktual saat uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada Jumat (2/12/2022).
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia