Profil Nikolaus Kondomo, Penjabat Gubernur Papua Pegunungan

Minggu, 13 November 2022 – 13:41 WIB
Profil Nikolaus Kondomo, Penjabat Gubernur Papua Pegunungan - JPNN.com Papua
Pj Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo. foto: Puspen Kemendagri

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Nikolaus Kondomo baru saja dilantik sebagai Penjabat Gubernur Papua Pegunungan oleh Menteri Dalam Negri Tito Karnavian pada Jumat (11/11) di Lapangan Plaza Kantor Kemendagri, Jakarta. 

Provinsi Papua Pegunungan merupakan salah dari tiga Daerah Otonomi Baru (DOD) di Provinsi Papua.

Selain melantik Nikolaus Kondomo, Mendagri Tito Karnavian juga melantik dua penjabat lainnya, yakni Apolo Safanpo sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan, dan Ribka Haluk sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah.

Ketiga Pj Gubernur tersebut akan menjabat selama 1 tahun berdasarkan Keppres yang dibacakan. Para penjabat gubernur juga telah mengucapkan sumpah dan janji jabatan di hadapan Mendagri Tito.

"Bersediakah Saudara-saudara mengucapkan sumpah atau janji sesuai agama masing-masing?" tanya Tito sebelum mengambil sumpah dan janji ketiganya.

Lantas, siapakah Nikolaus Kondomo?

Data yang dihimpun dari Kemendagri dalam acara pelantikan menyebutkan, Nikolaus Kondomo saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Hubungan Antara Lembaga dan Kerjasama Internasional Kejagung. Jabatan ini baru diembannya sehari sebelum pelantikannya sebagai penjabat Gubernur yakni Kamis (10/11/2022).

Di samping itu jabatan strategis lainnya yang pernah diembannya yakni Kepala Kejaksaan Tinggi Papua 2019-2022, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Papua 2019 dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggu Sulawesi Tengah 2018.

Nikolaus Kondomo juga pernah menjabat sebagai Koordinator di Kejagung Datun: Jam Perdata dan Tata Usaha Negara Kejagung RI 2017. Lalu Asisten Pengawasan Kejati Jatim 2015, Kepala Kejaksaan Negri Sleman 2014, Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Papua 2012 dan Kepala Kejaksaan Negeri Fak-fak 2007. 

Adapun Riwayat Pendidikannya 

Nikolaus Kondomo menempuh pendidikan strata satu (SI) Sarjana Hukum Pidana Universitas 17 Agustus 1945 dan Magister (S2) Magister Hukum Universitas Cendrawasih. 

Berikut profil singkat Nikolaus Kondomo:

Nikolaus Kondomo lahir di Merauke pada, 13 Maret 1964, dengan jabatan saat ini adalah Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga dan Kerjasama Internasional Kejangung sebelum dilantik sebagai Penjabat Gubernur.

Riwayat jabatan:
1. Kepala Kejaksaan Tinggi Papua 2019-2022
2. Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Papua 2019
3. Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah 2018
4. Koordinator di Kejagung Datun: Jam Perdata dan Tata Usaha Negara Kejagung RI 2017
5. Asisten Pengawasan Kejati Jatim 2015
6. Kepala Kejaksaan Negeri Sleman 2014
7. Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Papua 2012

Riwayat Pendidikan:
1. Sarjana (S1) Sarjana Hukum Pidana Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
2. Mahister (S2) Magister Hukum Universitas Cenderawasih.(mcr30/jpnn)

Staf Ahli Bidang Hubungan Antara Lembaga & Kerja sama Internasional Kejagung, Nikolaus KondomoMantan Kajati Papua ditunjuk sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan.

Redaktur : Friederich Batari
Reporter : Muhammad Cholid Ridwan Abubakar Sangaji

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia