Pemprov Papua Imbau Orang Tua Gelar Vaksinasi Rotavirus Bagi Anak

Senin, 30 Januari 2023 – 11:14 WIB
Pemprov Papua Imbau Orang Tua Gelar Vaksinasi Rotavirus Bagi Anak - JPNN.com Papua
Pemprov Papua mengimbau para orang tua setempat agar melakukan vaksin rotavirus bagi anak agar dapat terhindari dari diare yang disebabkan oleh infeksi rotavirus. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengimbau kepada para orang tua setempat agar melakukan vaksin rotavirus sehingga anak dapat terhindari dari diare yang disebabkan oleh infeksi rotavirus.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Papua Arinius Weya mengatakan pemberian vaksin rotavirus sangat penting diberikan kepada anak-anak mulai dari usia 2-4 bulan.

“Pemerintah telah memasukkan vaksin rotavirus ke dalam program imunisasi nasional sehingga para orang tua wajib melengkapi imunisasi anak dengan vaksin rotavirus,” kata Arinius Weya di Jayapura, Senin (30/1).

Menurut Arinius, vaksin rotavirus sangat langka dan mahal, karena dulu hanya ada di dokter swasta saja.

Namun, kini masuk program imunisasi nasional sehingga menjadi gratis untuk itu pihaknya berharap dapat dimanfaatkan dengan baik serta tidak takut.

“Kini baru dua daerah yang menjadi proyek percontohan untuk pemberian vaksin rotavirus yakni daerah itu yakni Kota Jayapura, Provinsi Papua dan Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan,” ujarnya.

Dia menjelaskan Kabupaten Merauke program tersebut sudah jalan sejak Desember 2022 lalu sedangkan Kota Jayapura baru akan mulai pada Februari 2023 mendatang, untuk itu diharapkan para orang tua memanfaatkan imunisasi tersebut.

“Rotavirus merupakan penyebab paling umum diare berat yang dapat menyebabkan dehidrasi bahkan dapat menyebabkan kematian pada anak-anak,” katanya lagi.

Pemprov Papua mengimbau kepada para orang tua agar melakukan vaksin rotavirus sehingga anak dapat terhindari dari diare disebabkan oleh infeksi rotavirus.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia