Pemprov Papua Berharap Aplikasi Manis Zola Berikan Informasi Tentang Tata Kelola Ruang Laut

Minggu, 27 November 2022 – 06:58 WIB
Pemprov Papua Berharap Aplikasi Manis Zola Berikan Informasi Tentang Tata Kelola Ruang Laut - JPNN.com Papua
Peresmian Aplikasi Manis Zola bertempat halaman Kantor DKP setempat, Kota Jayapura, Papua pada Kamis 24 November 2022. Foto: ANTARA/ Qadri Pratiwi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Provinsi atau Pemprov Papua berharap melalui aplikasi berbasis website Manajemen Informasi Sistem Zona Laut Papua atau Manis Zola dapat memberikan gambaran mengenai tata ruang laut agar rencana investasi menjadi jelas secara hukum.

Asisten Bidang Umum Setda Papua Derek Hegemur mengatakan aplikasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai data dan informasi yang berkaitan dengan tata kelola ruang laut.

“Selama ini kami hanya mengenal Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) secara umum namun di laut juga ada tata ruang yang disebut Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K),” kata Derek di Jayapura, Sabtu (26/11).

Menurut Derek, kehadiran aplikasi Manis Zola ke depan dapat menambah pengetahuan tentang tata kelola dan ruang laut tidak hanya dimiliki pemerintah, tetapi juga semua orang, baik itu perseorangan, badan dan lainnya.

"Dokumen perencanaan dalam RZWP3K ini tidak mudah diakses, karena itu kami untuk mempermudah maka di buatlah aplikasi Manis Zola Papua ini," ujarnya.

Dia menjelaskan aplikasi Manis Zola Papua juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan para pelaku usaha untuk meningkatkan kegiatan dengan rencana tata ruang laut.

"Aplikasi ini juga sebagai bagian keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh pemerintah daerah," katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, Iman Djuniawal mengatakan aplikasi itu mencakup berbagai fitur antara lain data Struktur ruang laut, pola ruang Laut, peta tematik, intensitas pemanfaatan ruang Laut, jumlah kabupaten/kota pesisir, yang dapat diakses melalui https://dkp.papua.go.id/maniszola.

Pemprov Papua berharap melalui aplikasi berbasis website Manis Zola dapat memberikan gambaran mengenai tata ruang laut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia