Pemprov Papua: Gerakan Makan Ikan Dapat Jadi Sumber Usaha Baru

Jumat, 25 November 2022 – 06:50 WIB
Pemprov Papua: Gerakan Makan Ikan Dapat Jadi Sumber Usaha Baru - JPNN.com Papua
Asisten Bidang Umum Setda Papua Derek Hegemur bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, Iman Djuniawal saat mendatangi salah satu stand pada perayaan Harkanans di Papua pada (24/11). Foto; ANTARA/ Qadri Pratiwi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyebutkan dengan menyukseskan gerakan makan ikan pada wilayah setempat maka akan makin banyak masyarakat yang dapat mengelola ikan menjadi sumber usaha baru.

Oleh karena itu, menurut Asisten Bidang Umum Setda Papua Derek Hegemur, gerakan tersebut dapat memberikan dampak perekonomian bagi keluarga di Bumi Cenderawasih.

Derek Hegemur mengatakan gerakan makan ikan sangatlah penting digalakkan karena kandungan gizi sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega tiga dan enam bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai kandungan mineral.

“Jika dikelola dengan baik dapat berubah menjadi sebuah usaha perekonomian rakyat akan menciptakan ekonomi rumah tangga sehingga menjadi nilai tambah,” kata Derek Hegemur di Jayapura, Papua, Kamis (24/11).

Menurut Derek, banyak olah ikan yang bisa menjadi nilai jual seperti kerupuk, bakso, kue, coklat, kacang, abon, dan tepung ikan.

“Dengan mengubahnya menjadi sebuah usaha maka dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan secara otomatis dapat memberikan pendapatan asli daerah,” ujar Derek.

Dia menjelaskan untuk itu pihaknya menyampaikan kepada berbagai kalangan masyarakat untuk terus dapat mengalakkan gerakan makan ikan sehingga memastikan bahwa setiap orang di seluruh Indonesia termasuk di Papua dapat mengonsumsi ikan sebagai bagian dari peningkatan gizi.

“Upaya meningkatkan gizi masyarakat serta minat untuk mengonsumsi ikan perlu terus ditingkatkan, karena ikan diharapkan menjadi salah satu sumber protein utama dalam pola konsumsi,” kata Derek.

Pemprov Papua menyebutkan gerakan makan ikan pada wilayah setempat akan makin banyak masyarakat yang dapat mengelola ikan menjadi sumber usaha baru.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia