Kodam Cendrawasih Salurkan Bansos ke Warga Pengungsi Erogobak

Kamis, 26 Oktober 2023 – 12:35 WIB
Kodam Cendrawasih Salurkan Bansos ke Warga Pengungsi Erogobak - JPNN.com Papua
Prajurit Yonif 300/BJw saat membagikan makanan siap santap kepada warga yang mengungsi ke Pos TNI di Kampung Erogama, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (21/10/2023). Foto: ANTARA/HO-Satgas Yonif Raider 300/Bjw.

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kodam XVII/Cenderawasih menyalurkan bantuan sosial (bansos) melalui Satuan Tugas (Satgas) Yonif 300/Bjw beserta Kodim 1717/Puncak dan satuan tugas lainnya untuk warga Kampung Erogobak yang mengungsi di Pos TNI di Kampung Eromaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

"Bansos dari Pangdam XVII/Cenderawasih diberikan kepada warga yang mengungsi ke Pos Satgas Pamtas Mobile Yonif 300/Bjw, Jumat malam (20/10), karena ada ancaman dari KKB," ujar Komandan Satgas Yonif 300/Bjw Letkol Inf Afri Swandi Ritonga seperti dilansir Antara, belum lama ini.

Dia menyebut sebanyak 53 warga pengungsi terdiri dari perempuan, anak-anak dan orang tua mendatangi Pos TNI untuk meminta perlindungan akibat kecurigaan mereka terhadap adanya anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Erogobak.

Letkol Afri mengatakan KKB berupaya mengintimidasi warga sehingga mereka ketakutan dan mengungsi ke Pos TNI itu.

“Bantuan tersebut sudah dibawa dan diserahkan kepada masyarakat yang hingga kini masih mengungsi ke Pos TNI," ujarnya.

Ritonga menjelaskan saat menuju ke Pos Eromaga di sepanjang jalan dilakukan pengamanan ketat guna mencegah terjadinya gangguan keamanan yang dilakukan KKB.

Danyon 300/Bjw yang berada di bawah Kodam III/Siliwangi menyebutkan dari pengakuan masyarakat terungkap bila mereka mengungsi karena ketakutan terhadap ancaman KKB yang tidak saja jiwa, tetapi juga harta benda yang menjadi incaran kelompok tersebut.

“Kami akan berupaya membantu warga yang saat ini mengungsi ke Pos Eromaga karena sudah menjadi atensi Pangdam XVII/Cendrawasih agar memberikan bantuan kepada mereka," kata Ritonga.

Kodam Cenderawasih menyalurkan bansos melalui Satgas Yonif 300/Bjw beserta Kodim 1717/Puncak untuk warga Kampung Erogobak yang mengungsi di Pos TNI.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia