Soroti Data Rekrutmen PPPK Guru, Prof Zainuddin: P1 Sudah Dapat SK tetapi Belum Terima Gaji

Kamis, 25 Mei 2023 – 13:47 WIB
Soroti Data Rekrutmen PPPK Guru, Prof Zainuddin: P1 Sudah Dapat SK tetapi Belum Terima Gaji - JPNN.com Papua
Ratusan guru PPPK melakukan aksi damai di Kantor Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Selasa (4/4/2023). Mereka menuntut pembayaran gaji yang tertunggak sembilan bulan. Ilustrasi. Foto: Dok. JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Anggota Komisi X DPR RI Prof Zainuddin Maliki menyoroti data terkini rekrutmen PPPK guru yang dipaparkan Mendikbudristek Nadiem Makarim dan jajaran dalam rapat kerja di parlemen, Rabu (24/5).

"Intinya sampai sampai hari ini kebutuhan guru masih belum bisa diselesaikan,” ujar Prof Zainuddin sepeperti dilansir JPNN.com pada Kamis (25/5).

Rapat itu juga dihadiri perwakilan KemenPAN-RB, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kemenkeu.

Dia menjelaskan situasi saat jumlah guru yang telah lulus menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebanyak 544.292 orang.

Upaya pemenuhan kebutuhan guru pada sekolah negeri sepanjang 2021 dan 2022 masih belum maksimal.

Sementara, pada 2023 masih diperlukan perekrutan 601.286 guru untuk sekolah negeri, tetapi jumlah formasi yang diajukan pemerintah daerah (pemda) hanya 278.102 atau 46 persen.

"Sementara itu ada P1 yang sudah dapat SK tetapi gaji belum turun. Ada yang dinyatakan lulus belum dapat SK dan formasi," ujarnya.

Legislator PAN itu juga mengutip data Kemendikbudristek bahwa hanya sekitar 67 persen guru lulus passing grade atau PG 2021 telah mendapat penempatan.

Anggota Komisi X DPR RI Prof Zainuddin Maliki menyoroti data terkini rekrutmen PPPK guru yang dipaparkan Mendikbudristek Nadiem Makarim.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia