Wapres Angkat Suara Soal Pemilu di Empat DOB Papua, Simak

Jumat, 27 Januari 2023 – 16:28 WIB
Wapres Angkat Suara Soal Pemilu di Empat DOB Papua, Simak - JPNN.com Papua
Wapres Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers di Kalimantan Selatan, Jumat (27/1/2023). Foto: ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan penyelenggaraan pemilu di empat daerah otonom baru atau DOB Papua sudah disiapkan agar bisa mengikuti Pilpres dan pemilu legislatif.

“Ya, saya kira di Papua sudah dibuat semua aturannya sebagai daerah otonom baru. Itu kan Papua sekarang menjadi enam provinsi, empat di Papua, yang dua di Papua Barat, jadi enam. Semuanya sudah disiapkan,” kata Ma'ruf Amin di sela-sela kunjungan kerja di Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Jumat (27/1).

Ma'ruf menyampaikan hal itu saat menjawab pertanyaan terkait evaluasi Pemerintah terhadap persiapan penyelenggaraan pemilu di empat DOB Papua.

Dia menambahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga telah menyiapkan agar keempat DOB Papua itu bisa mengikuti pemilu presiden maupun pemilu legislatif.

"Untuk pemilu, KPU sudah menyiapkan supaya mereka bisa ikut dalam pemilu, bisa ikut pilpres, bisa ikut mencalonkan untuk legislatif DPR maupun DPD, dan yang (lainnya) berkaitan dengan pemilu," Wapres Ma'ruf Amin.

Selain menyiapkan tentang pemilu, kata Ma'ruf, Pemerintah juga telah menyiapkan keikutsertaan empat DOB Papua tersebut dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh dan Sumatera Utara.

"Bahkan juga kemarin dalam rapat kabinet untuk PON misalnya, PON yang di Aceh dan Sumatera Utara. Maka, DOB ini juga diikutsertakan sebagai provinsi baru, walaupun misalnya belum ada atletnya atau hanya benderanya atau beberapa cabang olahraga, karena dia sudah menjadi daerah otonom," ujar Wapres Ma'ruf Amin.(antara/jpnn)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin angkat suara soal persiapan pemilu di empat daerah otonom baru (DOB) Papua. Simak selengkapnya.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News