TNI AL Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Minggu, 05 Februari 2023 – 10:52 WIB
TNI AL Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem - JPNN.com Papua
Personel TNI AL mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak dari cuaca ekstrem yang terjadi selama beberapa hari belakangan ini khususnya bagi masyarakat yang beraktivitas di laut. Foto: Dispenal

papua.jpnn.com, JAYAPURA - TNI AL mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak dari cuaca ekstrem yang terjadi selama beberapa hari belakangan ini khususnya bagi masyarakat yang beraktivitas di laut.

Dampak cuaca ektrem ini telah mengakibatkan sejumlah kecelakaan laut di berbagai perairan Indonesia seperti yang terjadi di Banten baru-baru ini.

Akibat kecelakaan kapal mengakibatkan nelayan Banten terombang-ambing terbawa arus laut selama lima hari dan ditemukan oleh TNI AL terdampar di Pantai Tasikmalaya.

Kecelakaan Kapal Samiasih di Muara Angke, kecelakaan KM Nuraini Jaya 01 saat akan menuju Batam dan berhasil diselamatkan KRI Bubara-886 dan sejumlah kecelakaan laut lainnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun telah menginformasikan tentang waspada potensi cuaca ekstrem selama bulan Februari 2023 yang akan terjadi di 32 wilayah, dan 31 wilayah di antaranya akan terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang memiliki potensi menimbulkan bencana atau bahkan menimbukan korban jiwa.

Oleh sebab itu, TNI AL terus menggencarkan sosialisasi, edukasi, dan literasi secara lebih masif untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat serta pihak terkait dalam pencegahan risiko bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, banjir, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi).

“Terlebih khusus bagi masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di daerah pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi dan angin kencang agar selalu waspada terhadap potensi peningkatan gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia,” demikian dikutip dalam siaran pers Dispenal pada Minggu (5/2).

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di berbagai kesempatan telah menginstruksikan ke jajarannya agar memiliki kesiagaan dan kesiapan tinggi dalam merespons segala kedaruratan yang terjadi pada misi perang maupun misi kemanusiaan yang terjadi di masyarakat.

TNI AL mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak dari cuaca ekstrem khususnya yang beraktivitas di laut.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia