Personel Bintara Remaja Polda Papua Barat Tampak Tergantung pada Ketinggian, Lihat

Kamis, 08 Desember 2022 – 10:23 WIB
Personel Bintara Remaja Polda Papua Barat Tampak Tergantung pada Ketinggian, Lihat - JPNN.com Papua
Para personel Bintara Polda Papua Barat saat menyiapkan diri untuk menaiki papan panjat SAR Manokwari dalam pelatihan evakuasi di ketinggian, Kamis (8/12/2022). Foto: ANTARA/Rachmat Julaini

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Kantor Pencarian dan Pertolongan Nasional (SAR) Manokwari melatih 100 personel bintara remaja Polda Papua Barat untuk melakukan evakuasi pada ketinggian sebagai bagian dari pelatihan yang berlangsung sejak Rabu (7/12).

Humas Kantor SAR Manokwari Muhammad Hairul menjelaskan penyelamatan di ketinggian dalam praktiknya seperti bagaimana personel bintara remaja Polda Papua Barat mengevakuasi korban yang jatuh dari tebing secara berkelompok.

“Ini materi lanjutan setelah kemarin mereka terima penjelasan mengenai ilmu medis dasar seperti penanganan korban patah tulang, cedera tulang belakang. Itu masih berkaitan dengan pelatihan evakuasi di ketinggian hari ini dan menjadi penutup pelatihan," kata Hairul di Manokwari, Kamis (8/12).

Dia berharap pelatihan itu akan meningkatkan mental para bintara saat berada di posisi ketinggian termasuk mengendalikan emosi setiap personel dalam melakukan evakuasi korban.

Selain itu, dengan pelatihan tersebut para bintara remaja Polda Papua Barat ini akan turut membantu SAR Manokwari ke depan saat melakukan evakuasi korban.

“Karena mereka tentu akan menjadi potensi SAR ke depan dan kita bisa bekerja sama dalam melakukan evakuasi korban. Saat melakukan evakuasi biasanya kami juga tidak melakukannya sendiri melainkan meminta bantuan dari para potensi SAR yang kita punya,” ungkap Hairul.

Dia mengatakan pelatihan evakuasi ketinggian sudah sering dilakukan hingga angkatan ke tiga untuk saat ini. Selain pelatihan evakuasi di ketinggian, pelatihan lainnya yakni penyelamatan di air.

SAR Manokwari, kata Hairul, selalu bekerja sama dengan Direktorat Samapta Polda Papua Barat dalam memberikan pelatihan. Kali ini, para bintara remaja terhitung sebagai angkatan ke tiga yang mendapatkan pelatihan.

Kantor SAR Manokwari melatih 100 personel bintara remaja Polda Papua Barat untuk melakukan evakuasi pada ketinggian sebagai bagian dari pelatihan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia